Dualisme Cahaya

Posted: October 31, 2009 in MASHUDI

Cahaya dapat dikatakan sebagai gelombang dan dapat dikatakan pula sebagai partikel. Peninjauan cahaya sebagai gelombang didasarkan atas sifat-sifat cahaya, sedangkan cahaya sebagai partikel didasarkan atas perilaku cahaya sebagai paket energi sebesar nhf. Paket energi inilah jika mengenai katoda dalam solar cell dimana frekuensi datangnya lebih besar dari frekuensi ambang bahan katoda, maka akan mengeluarkan elektron yang akan bergerak menuju anoda. Aliran elektron inilah yang dikatakan ada arus listrik. Peristiwa ini akan nampak pada efek fotolistrik. Hal ini tidak dapat bisa dijelaskan kalau cahaya dianggap sebagai gelombang.

Coba kita tengok, seorang tukang las, dengan menggunakan peralatan yang mengeluarkan cahaya yang dipekatkan dapat melubangi, membelah, bahkan memotong besi sekalipun. Sinar merupakan cahaya yang dipekatkan dan berprilaku sebagai materi.

Dibidang kedokteran dipakai sebagai pengganti alat bedah, dan inilah sebagai kelebihan dari cahaya yang berperilaku paket energi atau foton.

Energi Foton = Energi Kinetik – Fungsi Kerja

h.f = ½ m.v2 + h.fo ( fo = frekuensi ambang ; h.fo = fungsi kerja ; h = 6,626 x 10-34 joule.sekon)

About these ads
Comments
  1. bagaimna menurut de broglie dualisme cahaya dapat dikatakan sebagai gelombang dan dapat dikatakan sebagai partikel

    • edingulik says:

      pada fisika klasik cahaya berperilaku seperti gelombang (antara lain dapat dipantulkan,dibiaskan,dibelokkan), yang terjadi pada pada hamburan Compton, foton yang ditembakkan ke elektron yang diam,berperilaku seperti materi. seperti halnya tukan las yang sedang mengelas besi, dapat dibelah, dilubangi dsb…

  2. Rizkika Sasi says:

    bagaimana cara menjelaskan bahwa gelombang dari gerakan elektron lebih nyata daripada gerakan pesawat terbang?

    • edingulik says:

      ingat azas de Broglie : panjang gel = h / mv , artinya jika massa suatu benda sangat kecil ukurannya seperti elektron, proton, muon, pion, dsb, yang berkecepatan tinggi, mendekati kecepatan cahaya ( 3 x 10+8 ), maka gerakan materi tersebut seperti gelombang.
      Berbeda dengan gerak pesawat atau bola sepak, karena massa besar dan kecepatan kecil, maka gerakannya tidak nampak seperti gelombang…..maaf terlambat membalasnya.

  3. premana says:

    contoh fisika dualisme cahaya donk??ga ngrti

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s