ANOMALI AIR

Posted: May 24, 2011 in MASHUDI

“Jika sebagian atau seluruhnya suatu benda tercelup dalam zat cair, maka akan mendapatkan gaya keatas sebesar berat zat cair yang dipindahkan”(Hk.Archimedes)

Penjelasan : misalkan volume awal zat cair 100 ml, kemudian sebuah benda dicelupkan sebagian atau seluruhnya kedalam zat cair hingga volumenya naik menjadi 150 ml, berarti kenaikan volume zat cair 50 ml, maka gaya keatas F = massa jenis zat cair X volume kenaikan zat cair X percepatan gravitasi bumi

“Jika didalam suatu penampang bejana mendapatkan tekanan, maka akan diteruskan kesegala arah dengan sama rata”(Hk.Pascal)

Penjelasan : F.1/A.1 = F.2/A.2

Bagaimana dengan anomali air ?

Bayangkan volume air yang dipanaskan akan mengalami penurunan sampai 4 derajat celcius, setelah itu akan naik, bukan ?

Definisi anomali air adalah sifat kekecualian air. Pada umumnya, suatu zat akan memuai jika dipanaskan dan akan menyusut jika didinginkan, tetapi air mempunyai sifat khas. Jika air dipanaskan antara suhu nol derajat celcius, sampai empat derajat celcius, volumnya akan menyusut. Hal ini karena molekul H2O dalam bentuk padat (es) penuh dengan rongga, sedangkan dalam bentuk cair (air) lebih rapat. Dengan demikian, pada saat dipanaskan, molekul H2O (es) akan merapat lebih dahulu, akibatnya volumnya menyusut. Oleh karena itu, es juga terapung di air.

Sifat anomali airAir memang misterius, air bisa menjadi sumber kehidupan, tetapi juga sebaliknya air bisa menjadi sumber bencana. Tetapi bukan itu yang akan kita bahas kali ini. Kita akan membahas salah satu sifat khas air yang tidak dimiliki oleh zat lain atau yang dikenal dengan sifat anomali air dalam fisika. Misteri air terungkap ketika para ilmuwan fisika mempelajari tentang suhu dan kalor. Mereka mengamati, bahwa semua zat akan memuai jika dipanaskan. Tetapi air mempunyai keanehan dalam hal ini. Air ternyata malah menyusut jika dipanaskan dari suhu 0 ke 4 derajat Celsius.

Ketika air menyusut massa air tetap, sedangkan volumenya berkurang, sehingga massa jenis air akan bertambah. Ingat massa jenis = massa/volum. Sifat anomali air adalah keanehan air yang menyusut ketika dipanaskan antara suhu 0 sampai 4 derajat Celsius. Massa jenis air terbesar diperoleh pada suhu 4 derajat Celsius, karena pada suhu ini air memiliki volum yang paling kecil. Lihat bagan / tabel Volume-Suhu disamping. Jika air didinginkan dari 4 derajat Celsius ke 0 derajat Celsius maka volume air akan mengembang. Semakin menuju ke 0 derajat celsius, semakin kecil masa jenis air. Inilah salah satu jawaban, kenapa es mengapung di air. Jadi es mengapung di air kerena massa jenis es lebih kecil dari massa jenis air. Ingat tentang teori Archimedes yang mengatakan bahwa zat yang memiliki massa jenis lebih kecil dari air akan mengapung di air, zat yang memiliki massa jenis sama dengan massa jenis air akan melayang dan zat yang memiliki massa jenis lebih besar dari air akan tenggelam.

Pada postingan berikutnya kita akan bahas tentang keuntungan anomali air untuk kehidupan laut seperti ikan dan tumbuh-tumbuhan laut. Kenapa ikan dan makhluk hidup di laut dapat bertahan hidup pada saat permukaan laut atau danau membeku dimusim dingin. Sifat anomali air juga merupakan bukti keagungan Sang Maha Pencipta. Sumber:anaprivat.blogspot.com/

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s