RANGKAIAN OSILATOR

Posted: June 26, 2009 in MASHUDI

Untuk mengangkut getaran listrik suara frekuensi audio (di bawah 20.000 Hz) diperlukan getaran listrik frekuensi radio (diatas 20.000 Hz). Ini dilakukan agar suara dapat di pancarkan ke tempat yang jauh.Rangkaian yang menghasilkan getaran listrik frekuensi radio adalah rangkaian osilator.

Rangkaian cenderung bergetar (berosilasi) pada frekuensi resonansinya ketika suatu pulsa energi diberikan pada rangkaian ini. Energi ini disimpan oleh kapasitor dalam bentuk medan listrik. Kapasitor kemudian memberikan energi medan listri ini ke kumparan untuk diubah menjadi energi magnetik. Selama proses ini suatu ggl balik diinduksikan oleh kumparan, dan ini menyebabkan kapasitor diisi muatan listrik kembali. Siklus perubahan energi listrik menjadi energi magnetik dan energi magnetik menjadi energi listrik terjadi berulang-ulang dalam rangkaian ini. Itulah sebabnya rangkaian ini disebut rangkaian osilator.

Ketika reaktansi induktif sama dengan reaksi kapasitif, proses osilasi dalam rangkaian osilator terjadi pada suatu frekuensi resonansi. Karena untuk membangkitkan frekuensi resonansi radio yang tinggi, kumparan dan kapasitor harus bernilai kecil, untuk mengubah frekuensi resonansi dapat dilakukan dengan mengubah hal itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s